Bintitan (hordeolum)

Bintitan (hordeolum) – Bintitan merupakan benjolan kecil yang berwarna merah di kelopak mata. bintitan bentuknya juga seperti jerawat yang kecil, namun terlihat jelas dengan warna merah pada bintitan yang terlihat. Bintitan bisa terjadi karena disebabkan oleh kondisi mata yang kurang dijaga dengan baik kebersihannya, sebab bintitan bisa terjadi karena infeksi. bintitan dalam istilah medis juga dikenal dengan hordeolum. Bintitan (hordeolum) akan tumbuh kelopak mata, umumnya pada kelopak mata bagian luar tetapi juga bisa pada bagian dalam kelopak mata sehingga tidak terlalu terlihat jelas.

Kelopak mata yang memiliki bintitan tidak terasa sakit, tetapi juga bisa terasa sakit di beberapa orang yang mengalaminya. terjadinya bintitan memang tidak terlalu serius,tetapi hal ini sangat mengganggu. sebab bintitan bisa terlihat, jadi akan menurunkan kepercayaan diri orang yang mengalaminya. penyembuhan bintitan bisa terjadi dengan sendirinya, sehingga tidak ada pengobatan khusus. tetapi menunggu sembuh dari bintitan tidak tentu, bisa jangka panjang atau pun jangka ringan.

Penyebab Bintitan (hordeolum)

Bintitan (hordeolum) bisa terjadi karena disebabkan oleh infeksi bakteri. Infeksi bakteri bisa dari jenis stafilokokus. Pada umumnya bakteri yang menyebabkan bintitan (hordeolum) memang tinggal pada kulit. namun, ada kondisi dimana bakteri tersebut dapat menginfeksi untuk menyebabkan penyakit kulit atau menyebabkan bintitan. Kondisi yang menyebabkan bintitan bisa dikarenakan tangan dengan kondisi kotor menyentuh mata. karena tangan yang kotor ada kemungkinan terdapat bakteri maka akan memicu terjadinya infeksi.

bintitannnn

Ketika bakteri sudah berada pada kulit atau kelopak maka maka akan menginfeksi bagian bulu mata. infeksi pada bulu mata dari bakteri lalu akan menginfeksi bagian kulit yang akan menyebabkan bintitan. Selain pada bulu mata atau lebih tepatnya infeksi terjadi pada akar bulu mata, infeksi di bagian lain pun juga bisa terjadi, seperti pada bagian kelenjar keringat atau pun pada kelenjar minyak yang ada di kulit. jadi apabila setelah infeksi akan ada peradangan di sekitar kulit kelopak mata, yang lama kelamaan akan menyebabkan bintitan (hordeolum).

Gejala Bintitan (hordeolum)

Bintitan (hordeolum) bisa diketahui dengan mudah, sebab setelah infeksi dan mengalami peradangan akan ada benjolan seperti jerawat atau seperti bisul yang kecil pada kulit kelopak mata. jadi dapat dikenali dengan mudah. selain itu akan ada gejala bintitan (hordeolum) lainnya yang akan dirasakan oleh penderitanya. dibawah ini beberapa dampak yang akan dirasakan ketika bintitan :

  • Mata berair dan merah.
  • Kelopak mata yang bengkak dan terasa nyeri.
  • Munculnya kotoran mata di sekeliling kelopak mata.

Gejala bintitan bisa berlangsung beberapa hari, tergantung kondisi setiap orang, sebab berbeda beda. Bintitan termasuk sakit mata yang menimbulkan rasa tidak nyaman, karena mata yang merah dan selalu berair. Selain itu mata akan sering kotor, atau belekan sehingga menurunkan kepercayaan diri penderitanya. biasanya penderita bintitan (hordeolum) akan menggunakan kacamata untuk menyembunyikan kondisi mata sehingga tidak di lihat oleh orang lain.

Pengobatan Mata Bintitan (hordeolum)

Lama sebentarnya mata bintitan (hordeolum) tidak dapat di prediksi, normalnya bisa berlangsung satu minggu bahkan lebih. Bintitan (hordeolum) bukan jenis gangguan kesehatan mata yang membutuhkan pengobatan khusus, karena bisa sembuh dengan sendirinya, meskipun begitu, bintitan (hordeolum) bisa di kurangi gejala dengan cara dibawah ini :

  • Menjaga kebersihan mata dengan baik salah satu cara untuk mengurangi bintitan (hordeolum) yang dapat dilakukan. perawatan bintitan dengan membersihkan mata dengan baik yaitu cuci muka atau pun dengan menggunakan kapas yang basah. Penting juga menghindari make up pada mata agar tidak semakin kotor. Hindari mengunakan eye shadow, eyeliner dan make up yang digunakan pada mata lainnya agar kebersihan mata selalu terjaga dengan baik.
  • Pembengkakan pada mata yang terlihat jelas karena bintitan (hordeolum) pun bisa di kurangi dengan cara di kompres. Mengompres mata dengan menggunakan air hangat setiap hari sehingga benjolan bintitan yang merah akan berkurang secara perlahan lahan.
  • Agar proses penyembuhan bintitan (hordeolum) berlangsung cepat, maka hindari juga penggunaan lensa kontak sehingga mata tidak teriritasi.
  • Jika bintitan (hordeolum) menyebabkan rasa nyeri yang mengganggu, maka bisa menggunakan obat untuk meredakan nyeri.

Mencegah Bintitan (hordeolum)

Bintitan (hordeolum) yang sudah sembuh masih bisa tumbuh kembali, apabila kebersihan tidak dijaga dengan baik. untuk itu ada langkah untuk mencegah bintitan (hordeolum) agar tidak terulang lagi dengan cara dibawah ini :

  • Lindungi mata Anda dengan senantiasa mencuci tangan sebelum menyentuh mata atau memakai kacamata pelindung saat membersihkan rumah agar terhindar dari debu.
  • Hindari menggosok mata sebab akan menyebabkan iritasi pada mata yang disebabkan oleh bakteri karena tangan yang terdapat bakteri menyentuh kelopak mata.
  • Bersihkan lensa kontak dengan cairan khusus sehingga ketika digunakan tidak akan menyebabkan iritasi pada mata.
  • Perhatikan kosmetik yang Anda gunakan. Hindari kosmetik yang kadaluarsa, bersihkan dandanan Anda sebelum tidur, dan buanglah kosmetik untuk mata yang pernah Anda gunakan sebelum dan sewaktu mengidap bintitan. (By:RM)

Bintitan (hordeolum)

Cara Pemesanan Obat Tetes Mata Bintitan Tradisional, Herbal & Alami

Untuk Membersihkan Mata, Menyehatkan Mata, Menormalkan Mata Plus / Mata Minus / Mata Silinder & Mengatasi Selaput Mata / Mata Katarak /

Obat Mata Bintitan Tradisional, Obat Mata Bintitan Alami, Obat Mata Bintitan Herbal

Harga Obat Tetes Mata Bintitan THM 3botol @12ml = Rp.115.000,-/3botol

Cara Pemesanan : SMS ke 0818-0773-0772, tuliskan : Pesan Obat Tetes Mata Bintitan THM, Jumlah Botol (Minimal order 3botol), Nama Anda dan Alamat Kirim Lengkap (Untuk Menentukan Ongkos Kirim)


=====================================

>>> THM – Obat Mata Bintitan Untuk Mengobati Mata Bintitan, Sakit Mata, Dan Sakit Telinga Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Bintitan and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.